Minggu, 23 November 2014

[Guide] Cara Pick Hero yang Pro-like

Kadang banyak player dota yang kurang menyadari betapa penting good-pick pada sebuah pertandingan dota. Banyak pemula yang asal memilih hero sesuai kemauannya sendiri. Alhasil pertandingan menjadi kacau dan berantakan yang berakibat terburuk adalah kekalahan yang sangat memalukan. Oleh karena itu setidaknya setiap player dota harus mengetahui karakter dari masing hero dan peran yang harus dijalankan pada setiap pertandingan ( Sudah dibahas pada artikel sebelumnya tentang Role Dota2 )

Jika anda berada dalam keadaan frist pick mungkin anda tidak perlu repot-repot untuk berpikir pick yang cocok untuk team anda tapi beda lagi keadaan jika seluruh anggota team anda sudah pick hero apalagi team lawan juga sudah memilih hero mereka.

Bahkan sebenarnya kita bisa menebak kira-kira hero apa yang akan dipick asal kita melihat tren perkembangan pemain saat ini seperti gambar dibawah, ataupun memakai prediksi dengan mengamati pola pick anggota team mereka.


Ada pertimbangan sederhana untuk melakukan pick terhadap hero, yang pertama:

Team Utilizing and Complementary.
Yakni dengan memakai team anda sebagai pertimbangan utama saat memilih hero, secara mendasar akan muncul beberapa pertanyaan mendasar tentang bakal hero anda tersebut, yaitu

1. Posisi mana yang harus anda ambil?
Ketika seluruh team anda telah melakukan pick, maka anda akan dapat memprediksi kemana mereka akan pergi. Dalam setiap tim pada umumnya terdiri dari solo-midlaner, carry, offlaner, dan beberapa support. Jadi ketika tim anda telah melakukan pick anda seharusnya sudah tau posisi apa dan line mana yang harus anda ambil.


2. Kapan anda harus merajai permainan?
Tiap hero memiliki masa jaya mereka masing, seperti nuker yang sangat mendominasi pada early-game tetapi efeknya makin lemah seiring berjalannya waktu, hero-hero lain sudah semakin menebalkan HP dan memiliki resistansi yang kuat terhadap magic, juga sebaliknya pada carry yang menjadi penguasa pada late-game.

Untuk bisa merajai permainan dari  awal hingga akhir, anda perlu melihat kondisi tim, jika ternyata tim anda didominasi oleh beberapa nuker dan ganker maka anda perlu melakukan pick terhadap carry agar anda dapat mengamankan tim di late nanti. Ataupun ternyata banyak dari tim anda melakukan pick terhadap hero late carry yang sangat butuh banyak Gold dan Exp maka anda sepatutnya mempick hero yang kuat di awal pertandingan guna mensupport carry tersebut hingga mendapat keamanan, waktu, dan farming yang baik terlebih lagi anda bisa mempush atau membunuh 1-2 hero lawan.

Team Counter Consideration
Yakni dengan melakukan pick berdasar hero yang di gunakan musuh. Guna meng-counter strategi dan beberapa kombo yang kadang sangat mematikan. Contoh saja musuh mempick Tusk dan Tiny, kedua hero tersebut adalah kombinasi Gank yang mematikan dari early hingga middled game. Akan sangat berbahaya jika hero tersebut berhasil merusak dan mengganggu carry tim anda. Maka sebaiknya anda melakukan pick hero roamer, guna mengontrol peta dengan warding dalam upaya menggagalkan usaha ganker tersebut dalam merusak permainan tim anda.

Contoh lagi sederhana seperti ketika lawan melakukan pick carry Anti-mage atau Night crawler, hero tersebut akan sangat mematikan pada Late-game, dia juga sangat sulit dibunuh karena memiliki mekanisme kabur seperti Blink dan Shadow dance yang membuatnya dapat Farming dengan Aman, maka anda dapat melakukan pick hero seperti Bloodseeker. Hero itu memiliki Skill rupture juga silence dengan durasi yang cukup lama dapat mencegah hero-hero seperti mereka kabur. Ditambah lagi dengan skill bloodthirst dia mendapat tambahan MS dan mampu melihat hero yang sedang kritis sehingga dapat mencounter regenerasi skill Shadow Dance tersebut.

Jika anda masih kesulitan ada cara yang lebih mudah untuk bisa melakukan kedua cara diatas dengan memakai bantuan aplikasi untuk mem-pick hero sebagai alternatif jika anda tidak mau repot-repot untuk berpikir pick yang cocok dalam tim anda.


Metode diatas bukanlah paten, anda dapat mengkombinasikannya dengan berbagai pertimbangan dilapangan. Yang paling penting adalah banyak berlatih 

“Experience is the best teacher” 

next post adalah Guide tentang Play-style teamfight di dota 2, tunggu kelanjutannya

4 komentar:

  1. mas cara nebelin darah gimana? maaf masih newbie sehatisme.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada dasarnya ga semua hero bisa ditebelin:
      liat posisi ama kemampuan dari hero tersebut
      hero yang butuh tebel rata2 adalah hero meele ataupun hero yang beratribut STR karena mereka cenderung berada pada posisi depan dari permainan.

      kalo hero semacam itu agan bisa beli item seperti vaguard atau item bertahan lain,
      cara liat dimana item bertahan tersebut agan bisa klik shop liat icon diatas item2 tersebut. ada yang gambar pedang tongkat, ataupun armor. yang item bertahan pasti yang gambar armor

      kalo hero yang ga cocok darah tebel biasanya ada 2 tipe: dia Nuker (heavy spellcaster) atau Carry (tukang gebuk)
      kalo heavy nuker ente pasang vanguard 5 juga kgk tebel, makanya beli item lain yang bisa memaksimalkan kemampuan misal Mekanism, heal + armor area saat diklik, tapi butuh mana buat aktivasi makanya lebih cocok buat type INT.

      Kalo Carry ya paling penting adalah lifesteal karena dia dapet darah berdasar DMG yang dia buat+ dia perlu Spell imunity biar kgk kena Stun lawan oleh karena itu barang wajibnya adalah Black King Bar (magic imunnity)

      Hapus
  2. Mas apa kalo mengupgrade karakter, skill karakter yang td diupgrade tsb beda?

    BalasHapus
  3. Klo nebelin hp (hitpoint) smua hero rata 2k kok hp nya (klo dh lvl max) mo dia nukers kek mo apa kek pusher atau apa ttep aja klo dh lvl max hp dia bkal 2k atas atau sktar 1-8-2k gtu. Bsa dri item yg isinya str, makin gede atr makin tinggi hp and armor original juga, kalo agi makin gede agi makin gede aspd armor and damage originalnya

    BalasHapus